02 Desember 2007

SLOW ROCK Itu.......

Seperi yang kita ketahui bersama, musik jenis ini rata-rata disukai kaum pria namun tidak sedikit pula wanita yang menyukainya. Menurut saya musik jenis ini mempunyai ciri-ciri:

Sedih tapi gak cengeng
Rock tapi gak gaduh (gemludagan) dan alur musiknya slow
Lengkingan melodi mendayu-dayu tapi ada kalanya keras meraung
Karakter vokal kuat menjiwai
Alunan dram menghentak keras tapi tetap slow
Tema lagu rata-rata tentang cinta, sedih tapi gak cengeng namun beberapa lagu ada juga yang bertema sosial.

Yang jadi pertanyaan? Sekarang masih ada gak sich, grup band Indonesia yang bawain lagu-lagu slow rock khususnya band-band baru (setahun terakhirlah)?

Seinget saya sich dulu pas masih SMP (1997-an) banyak banget seperti SLANK, DEWA19, GIGI, BOOMERANG, JAMRUD, POWER METAL, POWER SLAVE dll. Kalo sekarang yang saya tahu band rock baru paling Serious, Andra & the backbone atau J-Rock.
Kebetulan juga pas SMP band-band slow rock asal negeri Jiran banyak banget yang masuk Indonesia kaya IKLIM, EXIST, UK'S, U-CAMP, dll. Yang solois juga ada kaya Amy Search, Salim EXIST dll. Sementara kalo solois spesialis Slow rock Indonesia, Inka Kristy dan lady rocker asal Bandung.
Gak tahu kenapa sekarang (november 2007) saya jadi seneng banget dengerin lagu-lagu slow rock Malaysia, padahal dulu sama sekali gak suka!! Rasanya lagu-lagu itu pas banget ma keadaan hati saya, yang lagi sedih namun berbunga-bunga. Mungkin juga saya udah bosen dengerin lagu-lagu slow rock barat kaya punya GNR, BJV, Queen, Led Zeppelin, NIRVANA, Helloween, Scorpion, Deep Purple dll ataupun band-band Indonesia.

Menurut saya perkembangan musik Indonesia saat ini sangat bagus, dibandingkan ketika saya SMP dulu. Cuma ya itu, saya gak "ngeh" kalo dengerin lagu-lagu dari band-band baru Indonesia sekarang. Gak tahu kenapa? Rasanya hambar banget, dilihat dari kualitas syair, musikalitas, variasi musik, penjiwaaan maupun kualitas vokal mereka itu standar/garing banget rata-rata temanya sama yaitu "CINTA" dan rata-rata aliran yang mereka usung adalah pop/pop rock lagu-lagunya juga cendrung melankolis/cengeng beda banget ma band-band Indonesia jaman doeloe (SMP) sedih tapi gak cengeng yang jelas 'soul'nya ada.

Ya apapun itu saya tetap menghargai karya mereka, dengan sepenuh hati. Namun apapun musiknya jangan cuma "money oriented" alias komersil tapi harus jujur, berkarakter dan yang penting "soul"nya, MAJU TERUS MUSIK INDONESIA!!
Pertanyaan terakhir, ada gak sich band-band baru Indonesia yang bawain lagu-lagu khusus SLOW ROCK?

Tidak ada komentar: